Rabu, 19 November 2014

Mazda2 SkyActiv vs Honda Jazz RS


Jakarta,– Mari kita tengok sebentar perbandingkan Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS 2015 teranyar yang sama memboyong Car of The Year di negara yang berbeda ini sangat asik untuk ditanggapi, karena di Jepang Mazda2 SkyActiv terpopuler ini memboyong predikat sebagai Japan Car of The Year dan Honda Jazz RS di Indonesia memperoleh predikat sebagai Indonesia Car of The Year. Disini kita akan melihat dua buah tipe teratas yaitu perbedaan Mazda 2 SkyActiv dan Honda Jazz RS.
Bentuk
Dari Honda Jazz RS dan Mazda 2 SkyActiv terbaru mempunyai desain yang sama-sama fresh, kedua model baru ini sangat kualified untuk diperbincangkan karena keduanya memiliki dua buah bahasa desain yang sangat berbeda diantara keduanya. Honda Jazz memiliki desain khas Honda keluaran teranyar yang memiliki bahasa desain Solid Wing Face seperti halnya Honda Civic hatchback. Sedangkan Mazda2 SkyActiv mempunyai panggilan desain khas Mazda saat ini yang dinamakan Kodo Design.
Baik Mazda 2 Skyactiv dan Honda Jazz RS sama-sama dibekali dengan sentuhan eksterior yang menarik mulai dari adaptasi bentuk velg, detailing dan garis-garis bodi yang diberikan. Mazda2 Skyactiv hadir lebih clean dan memiliki garis bergelombang dibandingkan dengan Honda Jazz yang memiliki garis-garis lebih tajam dan tebal. Honda Jazz terlihat lebih besar meskipun sebenarnya eksteriornya lebih kecil dibandingkan dengan Mazda2 SkyActiv.
Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv
Honda Jazz RS memilik panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.530 mm. Sedangkan Mazda2 SkyActiv memiliki panjang 4.062 mm, lebar 1.697 mm, tinggi 1.497 mm dan wheelbase 2.570 mm. Mazda2 SkyActiv lebih panjang dan sedikit lebih lebar, namun terlihat lebih kecil dari Honda Jazz karena memiliki bonnet yang lebih panjang. Sedangkan Honda Jazz lebih terlihat besar karena memiliki atap yang tinggi dan bonnet pesek seperti layaknya sebuah MPV.
Jadi secara garis model, baik Mazda2 SkyActiv dan Honda Jazz RS kembali ke sera pembeli.
Selanjutnya interior Honda Jazz RS, kita akan melirik dashboard yang sama persis dengan Honda City secara garis desain, tapi untuk Honda Jazz kita akan melihat pengurangan fitur dan pengurangan kualitas pengerjaan dan material dashboard yang digunakan. Kita akan menemukan plastik dashboard dan hasil pengerjaan tidak ubahnya sebuah Honda Brio Satya LCGC. Hanya saja desain dashboard Honda Jazz yang terkesan mewah dan rumit membuatnya terasa lebih baik.
Untuk di Honda Jazz terbaru kita akan menemukan interior dengan tingkat kepraktisan yang sangat baik dari segi tempat penyimpanan barang, cup holder dan beberapa kepraktisan lainnya yang tidak akan bisa kita dapatkan di Mazda2. Dan dengan kelegaan ruang interior dan kecerdasan konfigurasi kursi yang sangat baik ini jauh sekali dibandingkan dengan Mazda 2 SkyActiv.
Posisi mengemudi dari Honda Jazz RS sangat nyaman karena telah dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic steering, seatbelt and seat height adjuster serta posisi kursi yang sangat nyaman. Begitupula dengan Sisi penumpang belakang dan bagasi belakang yang sangat besar sangat membantu.
Masuk Interior Mazda2 SkyActiv terbaru ini kita akan menemukan dashboard yang di desain sangat minimalis dan terasa seperti bukan mobil Jepang. Seluruh bentuknya dilakukan secara minimalis, rapi dan mendetail hingga bagian ventilasi AC. Kita tidak akan menemukan tombol yang berserakan seperti roda-empat canggih masa kini berkat penggunaan MZD Connect yang berfungsi seperti layaknya BMW i-Drive, hanya saja mobil ini memiliki layar sentuh.
Detail pengerjaan dan pemilihan material mobil ini sangat baik, bahkan menaikan standar mobil di kelasnya karena sudah memiliki jok kulit dengan motif yang sporty dan dashboard yang dibekali dengan sentuhan kulit asli dengan jahitan berwarna merah. Di model GT kita juga akan menemukan head up display diatas speedometernya yang membuat wujud speedometer Honda Jazz RS terasa kuno, padahal desain speedometer Honda Jazz RS tergolong futursitik dibandingkan dengan Toyota Yaris.
Sebentar di kursi pengemudi Mazda2 SkyActiv sama asyiknya seperti Honda Jazz, bahkan Mazda2 SkyActiv lebih manusiawi karena memiliki dashboard yang tidak sepanjang Honda Jazz dan visibilitas yang lebih baik karena kita tidak akan menemukan pilar A yang cukup tipis. Sepasang paddle shift dibalik setir dan posisi duduk yang lebih rendah membuat mobil ini terasa lebih sporty.
Tunggu ketika kita berbicara soal kelegaan kabin, kita tidak akan menemukan kabin yang sama lega dan cerdasnya seperti Honda Jazz RS meskipun secara ukuran eksterior Mazda2 SkyActiv lebih besar. Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, mobil ini lebih lega.
Satu-satunya fitur yang tidak dimiliki Mazda2 SkyActiv pada Honda Jazz adalah fitur Cruise Control dan Ultra Seat yang sangat pintar, tidak luput dari pandangan mungkin bisa dibilang Honda Jazz kalah telak dari segi kemudahan mengemudi, keamanan dan kenyamanan.
Baik Honda Jazz RS dan Mazda2 SkyActiv sudah dilengkapi dengan paddle shifter, tilt and telescopic steering, LED DRL, LED headlights dengan auto leveling, Isofix Seat, Keyless Entry dengan start stop engine button, head unit dengan teknologi touch screen, koneksi USB, AUX, rem dengan ABS, EBD, BA dan dua buah airbags.
Setir-Honda-Jazz-Baru
Namun ketika kita bicara tentang keamanan berkendara, kita tidak akan menemukan Rain Sensor, Light Sensor, Stability Control, Hill Start Assist, Traction Control, Head up Display, MZD Connect, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support, Advanced Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert. Bahkan Honda Jazz RS tidak dibekali dengan sensor parkir dan koneksi Bluetooth.
Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014
Namun fitur-fitur tersebut harus kita bayar lebih mahal hampir 20 juta dibandingkan dengan Honda Jazz RS yang dibanderol dengan harga 249 juta Rupiah. Mazda2 SkyActiv akan dibanderol dengan harga paling mahal 270 juta Rupiah OTR untuk tipe GT (Sampai sekarang belum ada harga resmi).
Honda Jazz RS terbaru ini memiliki mesin yang sama dengan Honda City dengan kode terbaru yaitu L15Z1 yang lebih ringan karena menggunakan beberapa komponen resin plastik. Tenaganya tetap 120 Ps dan torsi 145 Nm, hanya saja tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi automatic CVT yang biasanya tidak begitu responsif jika dibandingkan dengan transmisi matic konvensional.
Pengendalian Honda Jazz RS terbaru juga tidak semantap model sebelumnya, kini Honda Jazz RS memiliki suspensi yang lebih lembut yang berimbas terhadap body roll yang lebih terasa dibandingkan dengan versi sebelumnya. Penggunaan EPS juga membuat setir mobil ini tidak senikmat versi sebelumnya meskipun masih tergolong fun-to-drive.
Mazda2 SkyActiv kini memiliki mesin baru dengan teknologi SkyActiv meliputi mesin, transmisi, sasis dan body. Paket teknologi SkyActiv ini telah teruji pada Mazda CX-5, Mazda6 dan Mazda3 yang mampu memberikan performa dan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Mesin 1.500 cc SkyActiv dengan tenaga 110 Ps dan torsi 141 Nm ini memang lebih kecil dibandingkan dengan Honda Jazz RS, namun penggunaan transmisi automatic 6 percepatannya bisa jadi membuat mobil ini lebih cepat dibandingkan dengan Honda Jazz RS di pengujian. Honda Brio | Honda City | Honda Civic
Dapatkan Cicilan Mobil, Spesifikasi mobil, juga Info Mobil  dan penawaran menarik Mobil Murah, PROMO MOBIL BARU , Dealer mobil lalu  Cari Mobil, Info harga dan Daftar Harga mobil serta Paket Simulasi Kredit Mobil berikut Berita Otomotif  dapatkan juga info : honda fatmawati, honda jakarta, honda jakarta selatan, honda mitra, honda mobil, 

honda pondok indah, honda pondok pinang, honda smm - jakarta selatan,Honda Odyssey |Honda CR-V | Honda CR-Z | Honda CR-Z Hybrid|Honda Elysion | Honda Freed | Honda Grand Civic|Honda HR-V | Honda Jazz | Honda Mobilio| Honda Accord

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Terbaru